Blog Vs Social Media, Curahan singkat

Blog Vs Social Media Curahan singkat, Blog lahir lebih dulu. Itu mengapa ia menjadi lebih terkenal, setidaknya di kalangan orang-orang sezamannya. Hebatnya lagi, blog (selain juga forum) menjadi ajang adu tulisan mengingat sifatnya yang memang pribadi.

Blog Vs Social Media

Blog Vs Social Media, Curahan singkat

Blog Vs Social Media, Banyak blogger yang sekarang sudah tidak jadi blogger alias pensiun. Namun kalau mengetik kata kunci blogger sukses Indonesia, blogger terkenal Indonesia, blogger terbaik di Indonesia, nama-nama mereka masih sering muncul. Katakanlah Raditya Dika yang jelas sudah jadi Youtuber dan meninggalkan blog. Juga Alit Susanto yang di unofficial blognya tercatat terakhir posting di tahun 2016.

Tulisan ini tidak mengajak kalian pensiun seperti mereka. Tidak sama sekali, kecuali kalian sudah sukses melebihi mereka.

Namun ini cuma uneg-uneg kalau sekarang menulis bisa dimana saja. Bahkan di Tiktok dengan cara membuat video berisi teks-teks, entah itu curhatan ditelikung istri, ratapan menantu malang, ditindas bos, atau menyindir artis terkenal.

Tidak semua blogger terkenal pensiun. Ada yang mengubah blognya menjadi jauh lebih keren, bahkan sudah seperti website. Walau perbedaan antara web dan blog juga ga jauh-jauh amat.

Ohya, ada yang tahu Anne Ahira atau Dee Lestari? Mereka juga pernah berjaya dengan blog mereka dan punya basis pembaca yang loyal. Namun akhirnya mereka pensiun. Kalau yang ini jelas karena kesibukan di profesinya masing-masing. Meski mbak Dee juga masih nulis untuk mempromosikan novelnya tahun lalu.

Perubahan paradigma ini pada akhirnya juga menciptakan suatu fenomena baru. Advertiser mulai menyasar selebgram dan tiktoker. Budget mereka untuk adsense memang masih ada namun tentu saja pertimbangannya berbeda karena sekarang media massa juga sudah mulai 'ngeblog'.

Mengawinkan Blog Vs Social Media juga adalah hal yang lumrah dan termasuk SEO Off Page katanya.

Berbicara soal SEO, para pakar dari luar negeri biasanya menulis tips SEO untuk meningkatkan penjualan. Lantas, bagaimana untuk blog yang mengais rejeki dari adsense tanpa berjualan produk. Tentu ada rahasia tertentu yang harus dijaga. Intinya trafik.

Sekedar pamungkas kalimat, anak-anak jaman now menghabiskan banyak waktu di medsos. Maka mencari trafik dari sana haruslah menjadi pertimbangan utama dalam menyusun strategi pengembangan blog.

Penutup

Demikianlah curahan tentang Blog Vs Social Media, semoga membantu anda menemukan jawaban dalam memilih untuk berkarya. Salam sukses.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url